dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui apakah ada pengaruh pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Index Card Match (ICM). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy experimental) dengan desain penelitian Posttest Only Group Desain. Penelitian ini dilakukan di SMP Swasta Bina Taruna Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Smp Swasta Bina Taruna Medan T.P 2019/2020 sebanyak 54 siswa yang berdistribusi dalam dua kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 dan VIII-2 yang dipilih secara acak, untuk itu sampel dalam penelitian ini kelas VIII-1 yang berjumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol dan VIII-2 yang berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian data dalam penelitian yang digunakan adalah tes sebanyak 5 butir soal berbentuk essay tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan mengguakan uji-t untuk menguji hipotesis yang diajukan.
Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan, hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung sebesar 2,396 kemudian di konsultasikan dengan taraf 0,05 diperoleh nilai ttabel sebesar 2,007. Karena thitung > ttabel (2,396 > 2,007) maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematika dengan menggunakan strategi Index card Match (ICM) dengan kelas yang diajarkan dengan strategi ekspositori. Dengan demikan dapat ditarik kesimpulan bahwa kemmapuan pemahaman konsep siwa dengan menggunakan strategi Index card Match (ICM) lebih berpengaruh daripada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. |
en_US |