dc.description.abstract |
Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Tes hasil belajar berupa Pendekatan Metakognitif pada materi Pecahan untuk siswa SMP kelas VII semester ganjil. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kualitas produk ditinjau dari aspek kevalidan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu model pengembangan 4-D yang telah dimodifikasi menjadi 3-D..3-D adalah metode penelitian yang digunakan untuk dan menguji kevalidan produk tersebut. Objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran materi Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar matematika peserta didik dan belum adanya pengembangan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Sehingga peserta didik kurang terlibat dalam pemecahan sebuah masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang berupa Rencana Pelaksanaan pecahan dengan model pembelajaran Pendekatan Metakognitif untuk siswa SMP kelas VII. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar perangkat pembelajaran untuk mengukur kevalidan perangkat pembelajaran.Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD dengan model Pendekatan Metakognitif untuk siswa SMP kelas VII. (1) Berdasarkan hasil validasi RPP, diperoleh skor akhir 88,25 % dengan kriteria “sangat layak”. (2) Berdasarkan hasil validasi LKPD, diperoleh skor akhir 84,88 % dengan kriteria “Sangat layak” sehingga perangkat pembelajaran dikatakan valid. (3) Berdasarkan hasil validasi tes hasil belajar,diperoleh persenatase 80% dengan kriteria “Sangat Baik” sehingga perangkat pembelajaran dapat dikatakan tuntas. |
en_US |