dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana “Pengaruh Metode Copy The
Master terhadap Keterampilan Membaca Puisi Siswa Kelas VII MTs PAB 2 Sampali
Tahun Pembelajaran 2017-2018”. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di MTs PAB 2
Sampali Jalan. Pasar Hitam No. 69 Sampali Kec. Percut Sei Tuan. Populasi penelitian ini
adalah seluruh kelas VII-1 dan VII-4 tahun pembelajaran 2016-2017 yang berjumlah 140
orang. Kelas eksperimen atau kelas yang menggunakan metode Copy The Master yaitu
kelas VII-1 dengan jumlah siswanya 35, sedangkan kelas kontrol atau kelas tanpa
menggunakan metode Copy The Master yaitu kelas VII-2 dengan jumlah siswanya 35
siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dalam
penelian ini menggunakan instrument tes yang berupa tes praktik membaca puisi. Setelah
menghitung dan mengolah data yang dilakukan pada kelas eksperimen diperoleh hasil
nilai tertinggi sebanyak 11 orang dengan nilai 70-84 dan skor terendah 10 orang dengan
nilai 70 dan rata-rata 75,30 (baik). Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai tertinggi
sebanyak 1 orang siswa dengan nilai 70-84 dan nilai terendah 1 orang siswa dengan nilai
0-49 dan rata-rata 57,13 (cukup). Dari pemerolehan diatas, diperoleh thitung > ttabel (6,98 >
1,71). Dengan demikian Ha diterima. Maka dengan kata lain adanya pengaruh metode
Copy The Master terhadap keterampilan membaca puisi siswa kelas VII MTs PAB 2
Sampali Tahun Pembelajaran 2017-2018. |
en_US |