Research Repository

Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Ar-Rahman Medan T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Kartika, Dwi
dc.date.accessioned 2020-11-11T04:25:45Z
dc.date.available 2020-11-11T04:25:45Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10218
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada SMA Ar-Rahman Medan T.P 2017/2018 dan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada SMA ArRahman Medan T.P 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 SMA Ar-Rahman Medan T.P 2017/2018 yang terdiri dari 27 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada SMA Ar-Rahman Medan T.P 2017/2018 pada pokok bahasan persamaan kuadrat. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI). Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes dan lembar observasi yang dilakukan pada saat berlangsungnya pembelajaran matematika. Data dan tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa ditulis dalam bentuk tabel dan grafik. Pada tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal diperoleh 10 siswa (37%) dan yang tuntas serta 17 siswa (63%) yang btidak tuntas. Pada siklus I meningkat menjadi 14 siswa (51,9%) yang tuntas, sedangkan 13 orang (48,1) tidak tuntas, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 23 siswa (85,2%) yang tuntas, sedangkan 4 siswa (14,8%) belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Hasil observasi pengelolaan kelas mengalami peningkatan dari siklus I memperoleh 12,6 dan siklus II memperoleh skor 17,7 dan hasil observasi aktivitas siswa yang dilakukan peneliti menunjukkan hasil rata-rata pada siklus I sebesar 2,1 dan pada siklus II sebesar 2,95 hal ini merupakan bahwa belajar dengan menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) pada siswa SMA Ar-Rahman Medan T.P 2017/2018 berhasil ditinjau dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa dan kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran. en_US
dc.subject Aptitude Treatment Interaction (ATI) en_US
dc.subject Hasil belajar en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Ar-Rahman Medan T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account