dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan model
pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dalam meningkatkan hasil
belajar matematika pada SMA Ar-Rahman Medan T.P 2017/2018 dan untuk
mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment
Interaction (ATI) dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada SMA ArRahman
Medan
T.P
2017/2018.
Subjek
dalam
penelitian
ini
adalah
siswa
kelas
X
IPA
2
SMA
Ar-Rahman
Medan
T.P
2017/2018
yang
terdiri
dari
27
siswa.
Objek
dalam
penelitian
ini
adalah
model
pembelajaran
Aptitude Treatment Interaction
(ATI) dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada SMA Ar-Rahman
Medan T.P 2017/2018 pada pokok bahasan persamaan kuadrat. Teknik analisis
data dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu dalam
meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model
pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI). Teknik dan alat pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah melalui tes dan lembar observasi yang dilakukan
pada saat berlangsungnya pembelajaran matematika. Data dan tes awal tingkat
ketuntasan belajar siswa ditulis dalam bentuk tabel dan grafik. Pada tes awal
tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal diperoleh 10 siswa (37%) dan
yang tuntas serta 17 siswa (63%) yang btidak tuntas. Pada siklus I meningkat
menjadi 14 siswa (51,9%) yang tuntas, sedangkan 13 orang (48,1) tidak tuntas,
dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 23 siswa (85,2%) yang tuntas,
sedangkan 4 siswa (14,8%) belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal.
Hasil observasi pengelolaan kelas mengalami peningkatan dari siklus I
memperoleh 12,6 dan siklus II memperoleh skor 17,7 dan hasil observasi aktivitas
siswa yang dilakukan peneliti menunjukkan hasil rata-rata pada siklus I sebesar
2,1 dan pada siklus II sebesar 2,95 hal ini merupakan bahwa belajar dengan
menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) pada
siswa SMA Ar-Rahman Medan T.P 2017/2018 berhasil ditinjau dari ketuntasan
belajar siswa, aktivitas siswa dan kemampuan guru dalam mengelolah
pembelajaran. |
en_US |