Research Repository

Penerapan Model Pembelajaran CORE Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP N 24 Medan T.P 2017/2018.

Show simple item record

dc.contributor.author Harahap, Khadijah
dc.date.accessioned 2020-11-11T04:10:20Z
dc.date.available 2020-11-11T04:10:20Z
dc.date.issued 2018-01-19
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10200
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran CORE dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII-C SMP N 24 Medan T.P. 2017/2018. Tujuan dalam penelitian yang akan dilakukan peneliti adalah untuk mengetahui apakah penerapam model pembelajaran CORE dapat meningkatkan kemampuan pemechan masalah matematika siswa kelas VIII-C SMP N 24 Medan T.P. 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP N 24 Medan T.P. 2017/2018 yang terdiri dari 36 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran CORE. Teknik pengumpulan data adalah melalui tes dan observasi yang dilakukan pada saat berlangsungnya pembelajaran matematika. Data dan tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa ditulis dalam bentuk tabel dan diagram. Pada tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal diperoleh 5 siswa (13,89%) yang tuntas serta 31 siswa (86,11%) yang tidak tuntas. Pada siklus I meningkat menjadi 14 siswa (38,89%) yang tuntas, pada siklus II meningkat lagi menjadi 23 iswa (63,89%) yang tuntas dan pada siklus III meningkat menjadi 32 siswa (88,89%) yang tuntas. Hasil observasi pengolaan kelas mengalami peningkatan dari siklus I memperoleh rata-rata 1,63 kategori cukup baik, siklus II memperoleh rata-rata 2,75 kategori baik, dan pada siklus III memperoleh rata-rata sebesar 3,71 kategori sangat baik. Hal ini merupakan bahwa belajar dengan menggunakan model pembelajaran CORE pada siswa SMP N 24 Medan T.P. 2017/2018 berhasil ditinjau dari ketuntasan belajar siswa dan aktivitas siswa. Berdasarkan data yang diperoleh maka didapat kesimpulannya yaitu model pembelajaran CORE dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII-C SMP N 24 Medan T.P. 2017/2018. en_US
dc.subject Kemampuan Pemecahan Masalah en_US
dc.subject CORE en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran CORE Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP N 24 Medan T.P 2017/2018. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account