dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui “Apakah strategi Relating Exprencing
Applying Cooperating Transferring dapat meningkatkan kemampuan komunikasi
matematika siswa pokok bahasan Ttigonometri pada siswa kelas X TSM SMK
SWASTA BANDUNG 2 Bandar Setia T.P 2017/2018”. Penelitian ini
dilaksanakan di SMK Swasta Bandung 2.
Populasi penelitiannya adalah seluruh siswa kelas X SMK Swasta Bandung 2
yang berjumlah 98 siswa yang terdiri dari tiga kelas. Adapun tekhnik sampling
yang digunakan adalah Purvosive Sampling. Sampel penelitian diambil dari kelas
X TSM yang berjumlah 36 siswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah
tes tertulis yang berbentuk essay sebanyak 10 soal setelah divalidasi.
Dari hasil ujian validasi tes diperoleh nilai korelasi 0,631 dengan demikian soal
tes valid sebagai tes pengumpulan data . analisis data dilakukan dengan teknik
regresi dan korelasi dimana untuk pengujian signifikan koefisien digunakan uji t.
persamaan regresi linier sederhana Y = 47,5+ 12X. nilai sebesar 6,8 dan
strategi REACT memberikan pengaruh terhadap kemampuan komunikasi
matematis sebesar 58%
Hasil penelitian memberikan kesimpulan 1). Kemampuan komunukasi
matematika siswa pada pokok bahasan trigonometri siswa kelas X TSM SMK
Swasta Bandung 2 Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan menggunakan strategi
REACT (Variabel X) nilai rata-rata adalah 2,97 dan simpangan bakunya adalah
0,397. Penggunaan strategi REACT memberikan pengaruh linier positif terhadap
kemampuan komunikasi matematika siswa kelas X TSM SMK Swasta Bandung 2
tahun pelajaran 2017/2018. Hal itu dibuktikan nilai sebesar 6,8 yang lebih
besar dari 2,03. |
en_US |