dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis
realistik pada materi lingkaran untuk SMP kelas VIII. Selain itu, penelitian ini
juga dilakukan untuk mengetahui langkah – langkah pengembangan serta
keefektifan LKPD yang dihasilkan
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Produk yang
dikembangkan berupa LKPD matematika pada materi lingkaran untuk SMP kelas
VIII dengan pendekatan Realistik. Penelitian pengembangan ini dirancang dengan
mengikuti tahap-tahap model pengembangan 4D, yaitu tahap define, design,
develop dan disseminate. Akan tetapi tahap disseminate belum dilakukan karena
terkendala waktu dan kemampuan peneliti. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah lembar penilaian RPP dan LKPD untuk dosen ahli dan guru
matematika untuk aspek kevalidan dan soal tes hasil belajar berupa 5 soal
berbentuk uraian untuk aspek keefektifan.
Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk yang dihasilkan
berdasarkan aspek kevalidan RPP memenuhi kriteria sangat valid dengan skor
penilaian validator adalah 81,4 dan LKPD memenuhi kriteria sangat valid dengan
skor penilaian validator 84,2. Sementara itu, untuk aspek keefektifan berdasarkan
persentase ketuntasan belajar adalah 75%, sehingga produk yang dihasilkan
efektif digunakan. |
en_US |