Research Repository

Penerapan Model Tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa di SMP Muhammadiyah 7 Medan T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Sari, Intan Permata
dc.date.accessioned 2020-11-11T03:53:51Z
dc.date.available 2020-11-11T03:53:51Z
dc.date.issued 2018-03-19
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10178
dc.description.abstract Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa pada pokok bahasan Teorema phytagoras semester genap dikelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Medan T.P 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis khususnya pemahaman konsep pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 medan.subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Muhammadiyah 7 medan yang berjumlah 25 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran tipe Team Assisted Individualization. Teknik pengumpuylan data adalah melalui tes dan observasi yang dilakukan pada saat berlangsungnya pembelajaran matematika. Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas melalui dua siklus pembelajaran dengan tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dengan menggunakan model tipe Team Assisted Individualization ada peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 medan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan,dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan pemahaman Konsep matematis siswa pada pembelajaran matematika pokok bahasan Teorema Phytagoras siswa kelas VIII-2 SMP Muhammadiyah 7 Medan. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata ketuntasan belajar pada siklus I sampai dengan siklus II yang mengalami peningkaan hingga mencapai indikator keberhasilan. Pada siklus I nilai rata-rata ketuntasan belajar siswa sebesar 70,40 dan meningkat pada siklus II sebesar 81,80. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII-2 SMP Muhammadiyah 7 medan T.P 2017/2018 en_US
dc.subject Team assisted individualization (TAI) en_US
dc.subject Pemahaman matematis en_US
dc.title Penerapan Model Tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa di SMP Muhammadiyah 7 Medan T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account