dc.description.abstract |
Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan
model kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan
pemahaman konsep matematis siswa pada pokok bahasan Teorema phytagoras
semester genap dikelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Medan T.P 2017/2018.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran tipe Team Assisted Individualization (TAI)
dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis khususnya pemahaman
konsep pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 medan.subjek pada
penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Muhammadiyah 7 medan yang
berjumlah 25 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model
pembelajaran tipe Team Assisted Individualization. Teknik pengumpuylan data
adalah melalui tes dan observasi yang dilakukan pada saat berlangsungnya
pembelajaran matematika. Metode penelitian yang diterapkan adalah penelitian
tindakan kelas melalui dua siklus pembelajaran dengan tahap perencanaan,
tindakan, observasi dan refleksi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dengan
menggunakan model tipe Team Assisted Individualization ada peningkatan hasil
belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 medan. Berdasarkan hasil
penelitian dan pembahasan,dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran
Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan pemahaman Konsep
matematis siswa pada pembelajaran matematika pokok bahasan Teorema
Phytagoras siswa kelas VIII-2 SMP Muhammadiyah 7 Medan. Hal ini dapat
dilihat dari nilai rata-rata ketuntasan belajar pada siklus I sampai dengan siklus II
yang mengalami peningkaan hingga mencapai indikator keberhasilan. Pada siklus
I nilai rata-rata ketuntasan belajar siswa sebesar 70,40 dan meningkat pada siklus
II sebesar 81,80. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan model tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat
meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII-2 SMP
Muhammadiyah 7 medan T.P 2017/2018 |
en_US |