dc.description.abstract |
Matematika merupakan suatu sarana berpikir untuk mengkaji sesuatu secara logis,
kritis, rasional dan sistematis serta melatih kemampuan peserta didik agar terbiasa
dalam memecahkan suatu masalah yang ada di sekitarnya. Namun pada
kenyataannya menunjukan bahwa dalam proses pembelajaran, bahan ajar yang
digunakan belum melatih peserta didik dalam melakukan suatu penemuan dan
peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan
untuk menghasilkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
berbasis round club. Metode penelitian ini adalah Research and Develpment
(R&D) berdasarkan modifikasi yang dikembangkan oleh Sugiyono. Tahapan yang
dilakukan hanya tahap 1 hingga tahap 7 yaitu dari potensi dan masalah,
pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk,
dan revisi produk. Hasil validasi RPP oleh para ahli pada aspek perumusan tujuan
pembelajaran diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,5 dengan kriteria “sangat baik”.
Aspek isi yang disajikan diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,2 dengan kriteria
“baik”. Aspek bahasa diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,9 dengan kriteria “baik”
dan aspek waktu diperoleh nilai rata-rata sebesar 4 dengan kriteria “baik”.
Validasi LKPD oleh para ahli pada aspek isi yang disajikan diperoleh nilai ratarata
sebesar 4,5 dengan kriteria “sangat baik” dan aspek bahasa diperoleh nilai
rata-rata sebesar 4 dengan kriteria “baik”. Pada uji coba kelompok kecil peserta
didik kelas XI SMK pada uji kepraktisan memperoleh rata-rata 78,28% dengan
kriteria interpretasi yang di capai yaitu “praktis” |
en_US |