dc.description.abstract |
Hasil studi pendahuluan menemukan banyak masalah di SMAS Muhammadiyah
18 Sunggal, khususnya hasil belajar yang tergolong rendah. Peneliti melihat
kegiatan dalam proses pembelajaranbelum terorganisir dengan baik dan kurang
adanya persiapan yang matang sebelum mengajar. Selain itu masalah dalam
penelitian ini adalah belum pernah digunakannya perangkat pembelajaran,
khususnya RPP, LKPD dan Tes Hasil Belejar (THB) yang dikembangan berbasis
Matematika Realistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat
pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik, dengan model 4-D yaitu
define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan
Disseminate (Penyebaran). Karena keterbatasan peneliti, penelitian ini menjadi 3D
yang
dilakukan
hingga
tahap
Develop (Pengembangan). Perangkat
pengembangan berupa RPP dan LKPD pada materi Sistem Persamaan Linier Tiga
Variabel (SPLTV) siswa SMAS Muhammadiyah 18 Sunggal. Kualitas produk
yang dikembangkan dinilai berdasarkan aspek kevalidan, dan keefetifan.
Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas prangkat pembelajaran yang
dikembangkan adalah lembar validasi RPP dan LKPD untuk mengukur
kevalidan, tes hasil belajar untuk mengukur keefektifan. Kualitas kevalidan
perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP
yaitu 4,5 dari skor maksimal 5 dengan kriteria sangat baik dan skor rat-rata LKPD
yaitu 4,2 dari skor maksimal 5 dengan kriteria baik. Kualitas keefektifan
perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif berdasarkan hasil tes belajar
dengan peningkatan presentase ketuntasan menjadi 87,8% dengan kriteria sangat
baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keefektifan pengembangan
LKPD dan RPP berbasis Pendekatan Matematika Realistik pada materi SPLTV
telah terbukti, sehingga disarankan kepada setiap guru matematika agar mampu
mengembangkan pembelajaran sendiri yang sesuai dengan kebutuhan peserta
didik. |
en_US |