Research Repository

Pengembangan LKPD Dan RPP Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Di SMAS Muhammadiyah 18 Sunggal T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Dita, Eka Wahyu
dc.date.accessioned 2020-11-11T03:49:18Z
dc.date.available 2020-11-11T03:49:18Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10173
dc.description.abstract Hasil studi pendahuluan menemukan banyak masalah di SMAS Muhammadiyah 18 Sunggal, khususnya hasil belajar yang tergolong rendah. Peneliti melihat kegiatan dalam proses pembelajaranbelum terorganisir dengan baik dan kurang adanya persiapan yang matang sebelum mengajar. Selain itu masalah dalam penelitian ini adalah belum pernah digunakannya perangkat pembelajaran, khususnya RPP, LKPD dan Tes Hasil Belejar (THB) yang dikembangan berbasis Matematika Realistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik, dengan model 4-D yaitu define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Karena keterbatasan peneliti, penelitian ini menjadi 3D yang dilakukan hingga tahap Develop (Pengembangan). Perangkat pengembangan berupa RPP dan LKPD pada materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV) siswa SMAS Muhammadiyah 18 Sunggal. Kualitas produk yang dikembangkan dinilai berdasarkan aspek kevalidan, dan keefetifan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas prangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah lembar validasi RPP dan LKPD untuk mengukur kevalidan, tes hasil belajar untuk mengukur keefektifan. Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP yaitu 4,5 dari skor maksimal 5 dengan kriteria sangat baik dan skor rat-rata LKPD yaitu 4,2 dari skor maksimal 5 dengan kriteria baik. Kualitas keefektifan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif berdasarkan hasil tes belajar dengan peningkatan presentase ketuntasan menjadi 87,8% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keefektifan pengembangan LKPD dan RPP berbasis Pendekatan Matematika Realistik pada materi SPLTV telah terbukti, sehingga disarankan kepada setiap guru matematika agar mampu mengembangkan pembelajaran sendiri yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. en_US
dc.subject berbasis Pendekatan Matematika Realistik en_US
dc.subject Pengembangan LKPD dan RPP en_US
dc.title Pengembangan LKPD Dan RPP Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Di SMAS Muhammadiyah 18 Sunggal T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account