Research Repository

Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Menggunakan Pendekatan Graded Response Models Pada Siswa SMP Swasta Harapan Tanjung Putus T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Silvia, Ella Windy
dc.date.accessioned 2020-11-11T03:43:06Z
dc.date.available 2020-11-11T03:43:06Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10169
dc.description.abstract Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan berpikir kritis matematika siswa dengan menggunakan pendekatan Graded Response Models dalam pokok bahasan Lingkaran pada siswa kelas VIIIA SMP Swasta Harapan Tanjung Putus T.P 2017/2018. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis matematika siswa dengan menggunakan pendekatan Graded Response Models dalam pokok bahasan Sudut Pusat dan Sudut Keliling Lingkaran pada siswa kelas VIII-A SMP Swasta Harapan Tanjung Putus T.P 2017/2018. Metode dalam penelitian ini adalah deskiptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes yakni pretest dan post-test. Yang menjadi subjek adalah kelas VIII-A SMP Swasta Harapan Tanjung Putus T.P 2017/2018 yang berjumlah 30 orang terdiri dari 11 siswa laki laki dan 19 siswa perempuan.Berdasarkan dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh bahwasanya kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas VIII-A SMP Swasta Harapan Tanjung Putus ditinjau dari segi indikator interpretasinya setelah dianalisis menggunakan pendekatan Graded Response Models diperoleh rata-rata sebesar 51,32%. Jika ditinjau dari segi indikator evaluasinya setelah diterapkan dan dianalisis menggunakan pendekatan Graded Response Models memperoleh rata-rata sebesar 34,62%. Jika di tinjau dari segi indikator Inferensi setelah dianalisis menggunakan pendekatan Graded Respobse Models diperoleh rata-rata sebesar 41,16%. Oleh karena itu, dari penelitian yang telah penulis lakukan tentang analisis kemampuan berpikir kritis matematika menggunakan model respon bergradasi pada siswa kelas VIII-A SMP Swasta Harapan Tanjung Putus T.P 2017/2018 pada pokok bahasan Lingkaran diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas VIII-A SMP Swasta Harapan Tanjung Putus dapat dijelaskan setelah diterapkannya pendekatan Graded Response Models sesuai kemampuan siswa tersebut en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kritis en_US
dc.subject Graded Response Models en_US
dc.title Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Menggunakan Pendekatan Graded Response Models Pada Siswa SMP Swasta Harapan Tanjung Putus T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account