dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model pembelajaran berbasis
intuisi terhadap berpikir kreatif dalam pemecahan masalah pada siswa MTs
Negeri 2 Medan yang disertakan dengan langkah-langkah pendekatan open ended
yang valid, praktis, ddan efektif. Penelitian ini mengembangkan model
pembelajaran berbasis intuisi pada siswa MTs kelas VIII semester 2. Model
pembelajaran terdiri atas sintak, system social, prinsip reaksi, dan dampak
instruksional dan pengiring. Perangkat pendukung pembelajaran terdiri dari
rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja peserta didik (LKPD),
dan tes hasil belajar (THB). Pengembangan model pembelajaran dimulai dari (a)
tahap pendefinisian (define), (b) tahap perancangan (design), (c) tahap
pengembangan (develop) yang mencakup tahap ujicoba untuk menentukan
penilaian kepraktisan dan keefektifan model pembelajaran berbasis intuisi yang
dikembangkan. Aspek kualitas produk mengacu pada kualitas produk
pengembangan menurut Thiagarajan yang terdiri dari tiga aspek, yaitu valid,
praktis, dan efektif. Subjek uji coba ini dilakukan oleh kelompok kecil yang terdiri
atas 10 siswa dan seorang guru MTs Negeri 2 Medan. Instumen pada penelitian
ini terdiri atas; (1) instrumen kevalidan yang terdiri atas lembar penilaian
Komponen Model Pembelajaran Berbasis Intuisi dan Perangkat Pendukung
Pembelajaran; (2) instrumen kepraktisan yang terdiri atas anket respon siswa dan
lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran; (3) instrumen keefektifan yang
terdiri atas tes hasil belajar terhadap pembelajaran berbasis intuisi.Hasil validasi
menunjukkan model pembelajaran yang mencakukp sintak, sistem sosial, prinsip
reaksi, dan dampak instruksional dan pengiring layak digunakan dengan kategori
sangat valid. Hasil ujicoba menunjukkan tingkat kepraktisan dari penilaian guru
pada seluruh pertemuan secara rata-rata memenuhi kriteria sangat praktis. Selain
itu tingkat kepraktisan berdasarkan penilaian siswa juga ditunjukkan bahwa model
pembelajaran berbasis intuisi telah memenuhi kriteria sangat praktis. Keefektifan
model pembelajaran berbasis intuisi berdasarkan hasil THB telah memenuhi
kriteria efektif. |
en_US |