dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan
model pembelajaran Team Assisted Individualizatin dapat meningkatka kreativitas
belajar matematika siswa kelas VII-A SMP Asuhan Jaya Medan Tahun Pelajaran
2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes
yang di gunakan tes tertulis dalam bentuk Essay tes sebanyak 5 tes yang terdiri
dari 5 butir soal Siklus I, 5 butir untuk soal Siklus II, dan 5 butir soal Siklus III.
Sementara observasi dilakukan dengan mengamati aktivitas belajar siswa. Subjek
dalam penelitian ini adalah kelas VII-I SMP Asuhan Jaya Medan Tahun Pelajaran
2016/2017 yang berjumlah 36 siswa yaitu 21 siswa laki-laki dan 15 orang siswa
perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan
model pembalajar Team Assised Individualization dapat meningkatkan kreativitas
belajar matematika pada siswa kela VII-A SMP Asuhan Jaya Medan materi
Himpunan. Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan kreativitas belajar yaitu
tingkat ketuntasan dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted
Individualization pada siklus I mencapai 58,33% (21 siswa) yang kreatif dalam
pembelajaran dengan rata-rata minatnya 1 kategori kurang, pada siklus II sedikit
meningkat jadi 69,44% (21 siswa) yang kreatif dengan rata-rata dengan 2 katagori
cukup, dan pada siklus III minatnya menjadi 94,44% (34 siswa) yang kreatif,
dengan rata-rata 4 katagori sangat kreatif. Dimana pada siklus I terdapat 65,97%
(15 Siswa) yang tidak kreatif, pada siklus II terdapat 83,19% (11 siswa) yang
tidak kreatif, dan pada siklus III hanya terdapat 93,33% (2 siswa) yang tidak
kreatif belajar. Terbukti dari hasil penilitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat
peningkatan kreativitas belajar matematika siswa VII-1 SMP Asuhan Jaya Medan
Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui model pembelajaran Team Assisted
Individualization. |
en_US |