Research Repository

Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Team Assisted Individualization Pada Siswa SMP Asuhan Jaya Medan Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Ningsih, Irma Septia
dc.date.accessioned 2020-11-11T03:32:45Z
dc.date.available 2020-11-11T03:32:45Z
dc.date.issued 2017-10-18
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10162
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualizatin dapat meningkatka kreativitas belajar matematika siswa kelas VII-A SMP Asuhan Jaya Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes yang di gunakan tes tertulis dalam bentuk Essay tes sebanyak 5 tes yang terdiri dari 5 butir soal Siklus I, 5 butir untuk soal Siklus II, dan 5 butir soal Siklus III. Sementara observasi dilakukan dengan mengamati aktivitas belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII-I SMP Asuhan Jaya Medan Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 36 siswa yaitu 21 siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembalajar Team Assised Individualization dapat meningkatkan kreativitas belajar matematika pada siswa kela VII-A SMP Asuhan Jaya Medan materi Himpunan. Dari hasil penelitian dapat dilihat peningkatan kreativitas belajar yaitu tingkat ketuntasan dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization pada siklus I mencapai 58,33% (21 siswa) yang kreatif dalam pembelajaran dengan rata-rata minatnya 1 kategori kurang, pada siklus II sedikit meningkat jadi 69,44% (21 siswa) yang kreatif dengan rata-rata dengan 2 katagori cukup, dan pada siklus III minatnya menjadi 94,44% (34 siswa) yang kreatif, dengan rata-rata 4 katagori sangat kreatif. Dimana pada siklus I terdapat 65,97% (15 Siswa) yang tidak kreatif, pada siklus II terdapat 83,19% (11 siswa) yang tidak kreatif, dan pada siklus III hanya terdapat 93,33% (2 siswa) yang tidak kreatif belajar. Terbukti dari hasil penilitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kreativitas belajar matematika siswa VII-1 SMP Asuhan Jaya Medan Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui model pembelajaran Team Assisted Individualization. en_US
dc.subject Meningkatkan Kreativitas Belajar Matematika en_US
dc.subject Strategi Pembelajaran Team Assisted Individualization en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Team Assisted Individualization Pada Siswa SMP Asuhan Jaya Medan Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account