dc.description.abstract |
Masalah penelitian ini adalah siswa tidak mampu membaca puisi. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Model Cooperative Script Kemampuan
Membaca Puisi Oleh Siswa Kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran
2017 – 2018.
Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia
tahun pembelajaran 2017 – 2018 berjumlah 210 siswa terdiri dari 5 kelas menjadi
sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, kelas yang
terpilih menjadi dua sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIII-4 sebagai kelas
eksperimen berjumlah 43 siswa dan kelas VIII-5 sebagai kelas kontrol berjumlah
41 siswa, jumlah keseluruhan siswa yaitu 84 siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen
dengan desain penelitian posttest-only control design dan alat yang digunakan
untuk mengumpulkan data adalah tes membaca puisi.
Diketahui kemampuan membaca puisi sesudah menggunakan model
Cooperative Script adalah baik sekali atau 83,5 kategori baik sekali dan
kemampuan membaca puisi menggunakan Metode Ceramah adalah baik atau 64.2
kategori cukup. Berdasarkan uji-t diperoleh nilai pada taraf α = 0,05 diperoleh
thitung > ttabel yaitu 24,3 > 3,19 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian
dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model Cooperative
Script terhadap kemampuan Membaca pUisi Oleh Siswa Kelas VIII SMP PAB 2
Helvetia Tahun Pembelajaran 2017 – 2018. |
en_US |