dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh strategi LIPIRTUP
(Lihat, Pilih, Renungkan, Tuangkan dan Publikasi) terhadap kemampuan menulis
cerita fantasi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 29 Medan Tahun Pembelajaran 2017-
2018. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain
penelitian pre-experimental design jenis one- group pretest posttest design. Sampel
dalam penelitian ini adalah siswa dari kelas VII-8 yang berjumlah sebanyak 35 orang.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yakni tes menulis cerita fantasi
.Teknik analisis data menggunakan uji paired t-test. Nilai berdasarkan perhitungan
mean sebelum menggunakan strategi lipirtup berada pada kategori kurang mampu
dalam menulis cerita fantasi dengan nilai 48,14 dengan standar deviasi 2,52.
Sedangkan nilai berdasarkan perhitungan mean sesudah menggunakan strategi
lipirtup berada pada kategori baik sekali dengan nilai 82,00 dengan standar deviasi
4,28. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dalam
penggunaan pengaruh strategi LIPIRTUP (Lihat, Pilih, Renungkan, Tuangkan dan
Publikasi) terhadap kemampuan menulis cerita fantasi oleh siswa kelas VII SMP
Negeri 29 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018. Hal ini dapat dilihat dari nilai
thitung yang lebih besar dari ttabel ( 91,77 > 1,690 ). |
en_US |