Research Repository

Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis Matematika Pada Siswa MTs Al-Washliyah Desa Kolam Tahun Pelajaran 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Boangmanalu, hmad Mu’arif
dc.date.accessioned 2020-11-11T03:03:11Z
dc.date.available 2020-11-11T03:03:11Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10129
dc.description.abstract Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas VIII-C MTs Al-Washliyah Desa Kolam. Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam belajar matematika meningkat jika diterapkan model Student Team Achievement Divisions (STAD) pada siswa MTs Al-Washliyah Desa Kolam. Penelitian ini dilaksanakan di MTs AlWashliyah Desa Kolam yang beralamat di jalan Utama II Desa Kolam pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 dengan subjek siswa kelas VIII-C yang berjumlah 31 orang siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Pada tes awal tingkat tingkat ketuntasan belajar secara klasikal diperoleh 10 orang siswa (32,25%) yang tuntas serta 21 orang siswa (67,74%) yang tidak tuntas. Pada siklus I meningkat menjadi 16 orang siswa (51,61%) yang tuntas, sedangkan 15 orang siswa (48,38%) belum tuntas, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 27 orang siswa (87,09%) yang tuntas, sedangkan 4 orang siswa (12,90%) belum tuntas. Hasil observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan dari tes awal memperoleh rata-rata sebesar 1,48, pada siklus I memperoleh rata-rata 2,42 dan pada siklus II memperoleh rata-rata 3,47. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika pada siswa MTs Al-Washliyah Desa Kolam T.P. 2017/2018 en_US
dc.subject Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) en_US
dc.subject Berpikir Kritis Siswa en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis Matematika Pada Siswa MTs Al-Washliyah Desa Kolam Tahun Pelajaran 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account