Research Repository

Penerapan Hands On Mind On Activity dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis matematika Siswa SMA ArRahman Medan Tahun Pelajaran 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Nurjanah, Ika
dc.date.accessioned 2020-11-11T03:02:59Z
dc.date.available 2020-11-11T03:02:59Z
dc.date.issued 2018-03-19
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10128
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Hands on minds on activity dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika secara efektif pada siswa SMA ArRahman Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Ar-Rahman Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 30 orang siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Dan objek penelitian ini adalah pembelajaran matematika menerapkan model Hands on minds on activity dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dalam setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Pada setiap siklus, siswa diberi tes akhir untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada materi aturan pencacahan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes. Hasil penelitian dari 30 orang siswa pada tes awal terdapat 11 orang siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 36,7% dengan nilai rata- rata 53,8 ternyata pada tes awal belum tercapai maka harus dilanjutkan ke siklus I ternyata tingkat ketuntasan belajar siswa sedikit meningkat yaitu terdapat 16 orang siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 53,3% dengan nilai rata-rata 60,8 ,ternyata pada siklus I belum tercapai maka harus dilanjutkan ke siklus II ternyata tingkat ketuntasan belajar siswa semakin meningkat yaitu terdapat 26 orang siswa yang mencapai ketuntasan belajar 86,7% dengan ratarata 73,9. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian diperoleh bahwa adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada pokok bahasan aturan pencacahan di kelas XI IPS SMA Ar-Rahman Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 melalui penerapan model Hands on mind on activity dengan pendekatan kontekstual. en_US
dc.subject Hands on mind on activity en_US
dc.subject pendekatan kontekstual, dan berpikir kritis en_US
dc.title Penerapan Hands On Mind On Activity dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis matematika Siswa SMA ArRahman Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account