dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Hands on
minds on activity dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan
kemampuan berpikir kritis matematika secara efektif pada siswa SMA ArRahman
Medan
Tahun
Pelajaran
2017/2018.
Adapun
yang
menjadi
subjek
dalam
penelitian
ini
adalah
siswa
kelas
XI
IPS
SMA
Ar-Rahman
Medan
Tahun
Pelajaran
2017/2018
yang
berjumlah
30
orang
siswa
yang
terdiri
dari
10
siswa
laki-laki
dan
20
siswa
perempuan.
Dan
objek
penelitian
ini
adalah
pembelajaran
matematika
menerapkan
model
Hands
on
minds
on
activity
dengan
pendekatan
kontekstual.
Penelitian
ini
merupakan
Penelitian
Tindakan
Kelas
(PTK)
dan
memiliki
empat
tahapan
yaitu
perencanaan,
pelaksanaan,
pengamatan
dan
refleksi.
Penelitian
ini
dilaksanakan
dalam
2
siklus
dalam
setiap
siklus
terdiri
dari
2
kali
pertemuan.
Pada
setiap
siklus,
siswa
diberi
tes
akhir
untuk
mengukur
kemampuan
berpikir
kritis
matematika
siswa
pada
materi
aturan
pencacahan.
Instrumen
yang
digunakan
dalam
pengumpulan
data
pada
penelitian
ini
adalah
tes.
Hasil
penelitian
dari
30
orang
siswa
pada
tes
awal
terdapat
11
orang
siswa
yang
mencapai
ketuntasan
belajar
yaitu
36,7%
dengan
nilai
rata-
rata
53,8
ternyata
pada
tes
awal
belum
tercapai
maka
harus
dilanjutkan
ke
siklus
I
ternyata
tingkat
ketuntasan
belajar
siswa
sedikit
meningkat
yaitu
terdapat
16
orang
siswa
yang
mencapai
ketuntasan
belajar
yaitu
53,3%
dengan
nilai
rata-rata
60,8
,ternyata
pada
siklus
I
belum
tercapai
maka
harus
dilanjutkan
ke
siklus
II
ternyata
tingkat
ketuntasan
belajar
siswa
semakin
meningkat
yaitu
terdapat
26
orang
siswa
yang
mencapai
ketuntasan
belajar
86,7%
dengan
ratarata
73,9.
Berdasarkan
pembahasan
hasil
penelitian
diperoleh
bahwa
adanya
peningkatan
kemampuan
berpikir
kritis
matematika
siswa
pada
pokok
bahasan
aturan
pencacahan
di
kelas
XI
IPS
SMA
Ar-Rahman
Medan
Tahun
Pelajaran
2017/2018
melalui
penerapan
model
Hands on mind on activity dengan
pendekatan kontekstual. |
en_US |