dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan kemampuan
berpikir kreatif siswa di kelas VII SMP Nurul Islam Indonesia T.P 2017 / 2018.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK
). Subjek dalam
penelitian ini adalah 40 siswa kelas VII SMP Nurul Islam Indonesia dan objek
penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran learning cycle untuk
meningkatkan minat dan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP Nurul Islam
Indonesia.Instrument yang digunakan untuk memperoleh data adalah angket, tes
dan lembar observasi. Angket digunakan untuk mengetahui peningkatan minat
belajar siswa, tes digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam
menyelesaikan soal yang berkaitan dengan aritmatika sosial, dan lembar observasi
digunakan untuk melihat proses pembelajaran ketika model pembelajaran
learning cycle diterapkan.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
(PTK
) yang terdiri atas 3 siklus, masing-masing terdiri dari 3 kali pertemuan.
Hasil analisis data pada siklus I setelah dilakukan model pembelajaran learning
cycle menunjukkan banyak nya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 25
dari 40 siswa atau 62,5% dengan rata-rata kelas 73,43 dan rata-rata minat belajar
siswa adalah 69,84. Hasil analisis data siklus II dengan pembelajaran yang sama
diperoleh 32 dari 40 siswa atau 80% dengan rata-rata kelas 77,2 dan rata-rata
minat belajar siswa adalah 74,43. Hasil analisis data akhir siklus III dengan
pembelajaran yang sama diperoleh 36 dari 40 siswa atau 90% dengan rata-rata
kelas 86,94 dan rata-rata minat belajar siswa adalah 80,84. Ini berarti terjadi
peningktan hasil belajar siswa dari siklus I, siklus II hingga siklus III. Berdasarkan
kriteria ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai taerget
ketuntasan belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model
pembelajaran learning cycle di kelas VII SMP Nurul Islam Indonesia meningkat.
Saran yang diajukan yaitu guru dapa menerapkan model pembelajaran learning
cycle sebagai alternatif dalam pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan
minat dan kemampuan berpikir kreatif siswa. |
en_US |