Research Repository

Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Untuk Meningkatkan Minat dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Tahun Pelajaran 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Hasanah, Aldina
dc.date.accessioned 2020-11-11T03:00:57Z
dc.date.available 2020-11-11T03:00:57Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10127
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas VII SMP Nurul Islam Indonesia T.P 2017 / 2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK ). Subjek dalam penelitian ini adalah 40 siswa kelas VII SMP Nurul Islam Indonesia dan objek penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran learning cycle untuk meningkatkan minat dan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP Nurul Islam Indonesia.Instrument yang digunakan untuk memperoleh data adalah angket, tes dan lembar observasi. Angket digunakan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa, tes digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan aritmatika sosial, dan lembar observasi digunakan untuk melihat proses pembelajaran ketika model pembelajaran learning cycle diterapkan.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK ) yang terdiri atas 3 siklus, masing-masing terdiri dari 3 kali pertemuan. Hasil analisis data pada siklus I setelah dilakukan model pembelajaran learning cycle menunjukkan banyak nya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 25 dari 40 siswa atau 62,5% dengan rata-rata kelas 73,43 dan rata-rata minat belajar siswa adalah 69,84. Hasil analisis data siklus II dengan pembelajaran yang sama diperoleh 32 dari 40 siswa atau 80% dengan rata-rata kelas 77,2 dan rata-rata minat belajar siswa adalah 74,43. Hasil analisis data akhir siklus III dengan pembelajaran yang sama diperoleh 36 dari 40 siswa atau 90% dengan rata-rata kelas 86,94 dan rata-rata minat belajar siswa adalah 80,84. Ini berarti terjadi peningktan hasil belajar siswa dari siklus I, siklus II hingga siklus III. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai taerget ketuntasan belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran learning cycle di kelas VII SMP Nurul Islam Indonesia meningkat. Saran yang diajukan yaitu guru dapa menerapkan model pembelajaran learning cycle sebagai alternatif dalam pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan kemampuan berpikir kreatif siswa. en_US
dc.subject Penerapan en_US
dc.subject Model Pembelajaran learning Cycle en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Untuk Meningkatkan Minat dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Tahun Pelajaran 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account