dc.description.abstract |
Tujuan penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan bahan ajar berbasis
Hands on Activity pada materi kubus dan balok untuk siswa kelas VIII SMP
Swasta Al-Hikmah Medan. Model pengembangan yang digunakan adalah
penelitian pengembangan yang terdiri dari tiga tahap yakni analisis (analysis),
perancangan (design) dan pengembangan (development). Subjek penelitian ini
adalah siswa SMP Swasta Al Hikmah Medan Kelas VIII-9 dengan menggunakan
skala kelas kecil sebanyak 10 orang siswa. Kelayakan bahan ajar merujuk pada
hasil penilaian bahan ajar oleh para ahli terhadap bahan ajar yang dikembangkan.
Bahan ajar matematika berbasis Hands on Activity pada materi kubus dan balok
yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid/layak digunakan untuk siswa
SMP kelas VIII. Kelayakan terlihat dari hasil penilaian validator, dimana semua
validator menyatakan baik. Hasil penilaian RPP oleh ahli diperoleh nilai 3,9
dengan kategori kelayakan Baik. Hasil penilaian LKPD oleh ahli diperoleh nilai
3,9 dengan kategori kelayakan Baik. Analisis nilai tes hasil belajar siswa
menunjukkan presentase ketuntasan klasikal siswa pada tes hasil belajar siswa
sebesar 80%. Berdasarkan analisis Tes Hasil Belajar dapat ditarik kesimpulan
bahwa tes hasil belajar yang dikembangkan memiliki kriteria “Tuntas |
en_US |