Research Repository

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Lasswel Communication. Program Studi Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show simple item record

dc.contributor.author Shofa, Amelia
dc.date.accessioned 2020-11-11T02:54:17Z
dc.date.available 2020-11-11T02:54:17Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10114
dc.description.abstract Komunikasi dalam pembelajaran merupakan landasan penting dalam proses pembelajaran. Guru harus pandai memilih model pembelajaran yang paling tepat untuk diterapkan, dengan tujuan agar hasil belajar siswa dapat mencapai hasil yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar Matematika siswa dengan menggunakan Model Lasswel Communication di kelas VII SMP IT Al – Manah Mamiregi. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP IT Al Manah Mamiregi. Siswa yang menjadi subjek penelitian ini adalah kelas VII yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 18 laki-laki dan 14 perempuan. Objek penelitian ini adalah penerapan Model Lasswel Communication untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa. Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu diberikan tes awal untuk mengetahui kemampuan awal dan kesulitan siswa. Dari hasil tes awal yang diperoleh menunjukkan bahwa siswa masih memiliki hasil yang masih rendah, terdapat 23 dari 32 siswa belum mencapai ketuntasan belajar dengan skor rata-rata kelas 13,63 dan tingkat ketuntasan belajar secara klasikal 33,33%. Selanjutnya pada pelaksanaan siklus I dengan menggunakan Model Lasswel Communication, tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 53,13% atau ada 17 siswa yang tuntas belajar secara individu dengan skor rata-rata kelas 16,28. Kemudian pada pelaksanan tindakan siklus II dengan menggunakan Model Lasswel Communication, tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal tercapai dengan skor rata-rata kelas 17,88 dengan jumlah siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sebanyak 26 orang atau 81,25% dari 32 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa pembelajaran dengan menggunakan Model Lasswel Communication di SMP IT Al Manah Mamiregi dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa en_US
dc.subject Model Lasswel Communication en_US
dc.subject Hasil belajar matematika en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Lasswel Communication. Program Studi Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account