dc.description.abstract |
Tujuan dalam
penelitian yang akan dilakukan peneliti adalah untuk mengetahui apakah penerapam
model pembelajaran creative mind map berpengaruh pada kreativitas pada
matematika siswa kelas XII AV 1 SMK Negeri 4 Medan T.P 2017/2018. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII AV 1 SMK Negeri 4 Medan T.P.
2017/2018 yang terdiri dari 30 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah pengaruh
model pembelajaran creative mind map . Teknik pengumpulan data adalah melalui
pretest dan posttest yang dilakukan pada saat berlangsungnya pembelajaran
matematika. Pada tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal tidak ada
yang tuntas. Setelah diberikan model meningkat menjadi 22 siswa (73,33%) yang
tuntas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji proporsi, diperoleh
lebih dari 73 % siswa kelas eksperimen mencapai nilai ketuntasan belajar yaitu 71.
Selain itu, diperoleh adanya perbedaan hasil kemampuan kreativitas matematika
antar kedua kelas dimana kelas eksperimen lebih baik daripada siswa kelas kontrol.
Sedangkan untuk peningkatan menggunakan uji t berpasangan dan gain
ternormalisasi dengan hasilnya yaitu terdapat peningkatan kemampuan kreativitas
matematika pada kelas eksperimen dengan kriteria tinggi. Untuk deskripsi tugas
creative mind-map pada kelompok rendah, sedang, dan tinggi diperoleh hasil bahwa
pada kelompok rendah siswa belum dapat mengkoneksikan sub bagan dari baganbagan
yang dituliskan, sehingga tidak memenuhi indikator keluwesan. Untuk
kelompok sedang masih mengalami kesalahan dalam indikator kelancaran dimana
ada sebagian konsep yang salah penulisannya, sedangkan kelompok tinggi tugas
creative mind-map yang dihasilkan sudah baik dengan memenuhi keempat indikator
kreativitas yaitu kelancaran, fleksibilitas, dan orisinalitas dalam berpikir, serta
kemampuan untuk mengelaborasi. |
en_US |