Research Repository

Pengaruh Pemberian Tugas Creative Mind Map Terhadap Kemampuan Kreativitas Matematika Pada Siswa SMK Negeri 4 Medan T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Syafitri, Angreni
dc.date.accessioned 2020-11-11T02:47:01Z
dc.date.available 2020-11-11T02:47:01Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10107
dc.description.abstract Tujuan dalam penelitian yang akan dilakukan peneliti adalah untuk mengetahui apakah penerapam model pembelajaran creative mind map berpengaruh pada kreativitas pada matematika siswa kelas XII AV 1 SMK Negeri 4 Medan T.P 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII AV 1 SMK Negeri 4 Medan T.P. 2017/2018 yang terdiri dari 30 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran creative mind map . Teknik pengumpulan data adalah melalui pretest dan posttest yang dilakukan pada saat berlangsungnya pembelajaran matematika. Pada tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal tidak ada yang tuntas. Setelah diberikan model meningkat menjadi 22 siswa (73,33%) yang tuntas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji proporsi, diperoleh lebih dari 73 % siswa kelas eksperimen mencapai nilai ketuntasan belajar yaitu 71. Selain itu, diperoleh adanya perbedaan hasil kemampuan kreativitas matematika antar kedua kelas dimana kelas eksperimen lebih baik daripada siswa kelas kontrol. Sedangkan untuk peningkatan menggunakan uji t berpasangan dan gain ternormalisasi dengan hasilnya yaitu terdapat peningkatan kemampuan kreativitas matematika pada kelas eksperimen dengan kriteria tinggi. Untuk deskripsi tugas creative mind-map pada kelompok rendah, sedang, dan tinggi diperoleh hasil bahwa pada kelompok rendah siswa belum dapat mengkoneksikan sub bagan dari baganbagan yang dituliskan, sehingga tidak memenuhi indikator keluwesan. Untuk kelompok sedang masih mengalami kesalahan dalam indikator kelancaran dimana ada sebagian konsep yang salah penulisannya, sedangkan kelompok tinggi tugas creative mind-map yang dihasilkan sudah baik dengan memenuhi keempat indikator kreativitas yaitu kelancaran, fleksibilitas, dan orisinalitas dalam berpikir, serta kemampuan untuk mengelaborasi. en_US
dc.subject Creative Mind Map en_US
dc.title Pengaruh Pemberian Tugas Creative Mind Map Terhadap Kemampuan Kreativitas Matematika Pada Siswa SMK Negeri 4 Medan T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account