dc.description.abstract |
Tujuan dalam penelitian ini yang akan dilakukan peneliti adalah untuk
mengetahui penggunaan Penyelesaian Soal Secara Sistematis Melalui Metode
Diskusi dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas X-MIA’B
MAS AL-WASHLIYAH 22 TEMBUNG T.P 2017/2018 dan untuk mengetahui
bagaimana peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan
Penyelesaian Soal Secara Sistematis Melalui Metode Diskusi pada kelas XMIA’B
MAS
AL-WASHLIYAH
22
TEMBUNG
T.P
2017/2018.
Subjek
dalam
penelitin
ini
adalah
siswa
kelas
X-MIA’B
MAS
AL-WASHLIYAH
22
TEMBUNG
T.P
2017/2018
yang
terdiri
dari
38
orang
siswa.
Objek
penelitian
ini
adalah
peningkatan
hasil
belajar
matematika
siswa
dengan
menggunakan
Penyelesaian
Soal
Secara
Sistematis
Melalui
Metode
Diskusi
dengan
pokok
bahasan
Matriks.
Teknik
analisis
data
dalam
penelitian
ini
adalah
penelitian
tindakan
kelas
yaitu
untuk
mengetahui
adanya
peningkatan
hasil
belajar
matematika
siswa
melalui
Penyelesaian
Soal
Secara
Sistematis
Melalui
Metode
Diskusi.
Teknik
dan
alat
pengumpulan
data
dalam
penelitian
ini
adalah
melalui
tes
dan
lembar
observasi
yang
dilakukan
pada
saat
berlangsungnya
pembelajaran
matematika.
Data
pada
tes
awal
tingkat
ketuntasan
belajar
siswa
ditulis
dalam
bentuk
tabel
dan
diagram.
Pada
tes
awal
tingkat
tingkat
ketuntasan
belajar
secara
klasikal
diperoleh
8
orang
siswa
(21%)
yang
tuntas,
serta
30
orang
siswa
(79%)
yang
tidak
tuntas.
Pada
siklus
I
meningkat
menjadi
20
orang
siswa
(52%)
yang
tuntas,
sedangkan
18
orang
siswa
(48%)
belum
tuntas,
dan
pada
siklus
II
meningkat
lagi
menjadi
34
orang
siswa
(89%)
yang
tuntas,
sedangkan
4
orang
siswa
(11%)
belum
mencapai
ketuntasan
belajar
secara
klasikal.
Hasil
observasi
aktivitas
siswa
mengalami
peningkatan
dari
tes
awal
memperoleh
rata-rata
sebesar
1,6
,
pada
siklus
I
memperoleh
rata-rata
2,1
dan
pada
siklus
II
memperoleh
rata-rata
3,2.
Hasil
ketuntasan
belajar
matematika
dan
observasi
aktivitas
siswa
selalu
mengalami
peningkatan
mulai
tes
awal,
siklus
I,
siklus
II.
Hal
ini
menunjukkan
bahwa
belajar
matematika
menggunakan
Penyelesaian Soal Secara Sistematis Melalui Metode
Diskusi pada siswa MAS AL-WASHLIYAH 22 TEMBUNG meningkat ditinjau
dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa, dan kemampuan guru mengelola
pembelajaran |
en_US |