dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan strategi
pembelajaran Self Regulation Learning dapat meningkatkan hasil belajar
matematika siswa kelas X-BM SMK PABA Binjai T.P. 2017/2018. Tujuan dalam
penelitian yang akan dilakukan peneliti adalah untuk mengetahui apakah
penerapam model pembelajaran Self Regulation Learning dapat meningkatkan
hasil belajar matematika siswa kelas X-BM SMK PABA Binjai T.P. 2017/2018.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-BM SMK PABA Binjai T.P.
2017/2018 yang terdiri dari 35 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan
strategi pembelajaran Self Regulation Learning. Teknik pengumpulan data adalah
melalui tes dan observasi yang dilakukan pada saat berlangsungnya pembelajaran
matematika. Data dan tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa ditulis dalam
bentuk tabel dan diagram. Pada tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa secara
klasikal diperoleh 4 siswa (11%) yang tuntas serta 31 siswa (88,57%) yang tidak
tuntas. Pada siklus I meningkat menjadi 11 siswa (28,57%) yang tuntas, pada
siklus II meningkat lagi menjadi 16 siswa (45,71%) yang tuntas dan pada siklus
III meningkat menjadi 30 siswa (85,71%) yang tuntas. Hasil observasi pengolaan
kelas mengalami peningkatan dari siklus I memperoleh rata-rata 2,28 kategori
cukup baik, siklus II memperoleh rata-rata 2,6 kategori baik, dan pada siklus III
memperoleh rata-rata sebesar 3,6 kategori sangat baik. Hal ini merupakan bahwa
belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Self Regulation Learning pada
siswa SMK PABA Binjai T.P. 2017/2018 berhasil ditinjau dari ketuntasan belajar
siswa dan aktivitas siswa. Berdasarkan data yang diperoleh maka didapat
kesimpulannya yaitu strategi pembelajaran Self Regulation Learning dapat
meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan trigonometri di
kelas X-BM SMK PABA Binjai T.P. 2017/2018 |
en_US |