dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan melalui Media
Papan Flanel Terhadap Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini. Jumlah populasi
dalam penelitian ini adalah 28 siswa PAUD ANANDA Kampung Bilah Tahun
Pembelajaran 2018/2019, sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menerima
pembelajaran dengan menggunakan Media pembelajaran Papan Flanel. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu penelitian
yang dilakukan untuk mencari pengaruh Media pembelajaran Papan Flanel dalam
bercerita anak usia dini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes
penugasan dengan Media Papan Flanel. Berdasarkan teknik analisis data, dapat
diketahui bahwa kemampuan anak bercerita dengan menggunakan media papan
flanel memperoleh nilai rata-rata 76,03 termasuk dalam kategori baik dan
kemampuan anak bercerita tanpa menggunakan media Papan Flanel memperoleh
nilai rata-rata 62,21 termasuk dalam kategori cukup. Berdasarkan pengujian
hipotesis diperoleh uji t dengan hasil pengujian pada taraf signifikansi 5% dengan df
= N-1= 27, maka diperoleh taraf signifikansi 5% = 2,06 dan 1% = 2,80, maka
diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,04<29,4, 12,4>2,75, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak
dan hipotesis alternatif (Ha) diterima dengan hipotesi yang berbunyi “Adanya
pengaruh yang signifikan atas penggunaan media papan flanel terhadap kemampuan
bercerita anak usia dini. |
en_US |