dc.description.abstract |
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa
kelas XI MP-3 SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui ketuntasan hasil belajar matematika yang diajarkan dengan model
pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas XI MP-3 SMK Negeri 1
Percut Sei Tuan T.P 2017/2018. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Percut
Sei Tuan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MP-3 SMK
Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data
dengan lembar observasi siswa, lembar observasi guru serta tes siklus I dan siklus
II yang keduanya berjumlah 20 soal. Teknik analisis data melalui menghitung
rata-rata nilai kelas, penilaian ketuntasan hasil belajar dan menganalisis hasil
observasi. Dari hasil analisis data menunjukkan hasil belajar siswa menggunakan
model pembelajaran Think Talk Write (TTW) adalah nilai hasil belajar pada test
siklus I yaitu 65,17 dengan nilai tertinggi 90 dan terendah 50 hasil ketuntasan
51,72%, Sedangkan pada test siklus II yaitu 75,86 dengan nilai tertinggi 100 dan
nilai terendah 65 dan hasil ketuntasan 93,10%. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terbukti dapat
meningkatkan ketutasan hasil belajar matematika siswa di kelas XI MP-3 SMK
Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2017/2018. |
en_US |