dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah gaya belajar visual
mempengaruhi prestasi belajar matematika pada siswa SMP Negeri 1 Batang
Kuis T.P 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan
besarnya pengaruh dari gaya belajar visual terhadap prestasi belajar matematika
siswa kelas VIII SMP Negeri 1Batang Kuis T.P 2018/2019.
Adapun tujuan penelitian ini adalah bagi siswa untuk bahan alternative dalam
mengenal berbagai gaya belajar yang ada pada dirinya, sebagai bekal penulis
untuk menulis kedepannya, sebaga bahan perbandingan untuk penelitian
selanjutnya yang relevan dikemudian hari, dan sebagai masukan pembaca
khususnya matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batag Kuis
yang terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 188 siswa. Kemudian penulis
mengambil sampel secara acak dan di sengaja kepada siswa yang dianggap
memiliki prestasi belajar matematika sebanyak 30 orang. Metode pengambilan
data menggunakan angket untuk variabel gaya belajar, sedangkan variabel
prestasi belajar menggunakan dokumentasi sekolah atau nilai raport siswa. Dari
analisis yang diperoleh beberapa temuan yaitu gaya belajar siswa dengan ratarata 82,7333
dan
prestasi
belajar
matematika
siswa
dengan
rata-rata
77,1667.
Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji t. Hasil pada taraf nyata 5%
yang menunjukkan bahwa analisis data gaya belajar terhadap prestasi belajar
matematika diperoleh thitung = 4,32, dengan taraf nyata ɑ = 0,05, dk = 28. Denan
demikian thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak, berarti “ ada pengaruh
yang signifikan antara gaya belajar visual terhadap prestasi belajar matematika
pada siswa SMP Negeri 1 Batang Kuis T.P 2018/2019. Dengan koefisien
determinasi sebesar . |
en_US |