Research Repository

Penerapan Pendekatan Inkuiri Alberta untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematika Pada Siswa SMA Negeri 01 Binjai Langkat T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Siregar, Atika Mardiah Putri Sari
dc.date.accessioned 2020-11-11T02:12:34Z
dc.date.available 2020-11-11T02:12:34Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10069
dc.description.abstract nkuiri Alberta merupakan pendekatan konstruktivisme dengan kegiatan memikirkan pertanyaan-pertanyaan penting dari apa yang telah dibaca, memprediksi apa yang mungkin akan dibahas selanjutnya, mencatat hal-hal yang kurang jelas atau tidak masuk akal, serta membuat rangkuman tentang informasiinformasi terpenting dari apa yang telah dibaca.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Inkuiri Alberta pada materi matriks di kelas XII SMA Negeri 01 Binjai Langkat. Untuk mengetahui apakah pendekatan Inkuiri Alberta dapat meningkatkan kemampuan kreatifitas siswa pada materi matriks di kelas XII SMA Negeri 01 Binjai Langkat.Penelitian ini dilakukan dengan 3 siklus yaitu siklus I, siklus II dan siklus III, sebelum memulai siklus I terlebih dahulu dilakukan Tes Awal. Setiap siklus mempunyai tahapan-tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data peningkatan siswa yang diperoleh lapangan ditulis dalam bentuk table dan grafik.Hasil tes kemampuan berfikir kreatif pada tes awal dari 40 orang siswa hanya 8 orang siswa tuntas dengan nilai rata-rata 45,75 dan ketuntasan klasikalnya 20%. Hasil tes kemampuan berfikir kreatif pada siklus I dari 40 siswa hanya 13 orang siswa tuntas dengan nilai rata-rata 60,5 dan ketuntasan klasikalnya 32,5%. Hasil tes kemampuan berfikir kreatif pada siklus II dari 40 siswa hanya 20 orang siswa tuntas dengan nilai rata-rata 72,5 dan ketuntasan klasikalnya 50%. Hasil tes kemampuan berfikir kreatif pada siklus III dari 40 siswa 31 orang siswa tuntas dengan nilai rata-rata 79,25 dan ketuntasan klasikalnya 77,5%. Berdasarkan data diatas diketahui bahwa, pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Inkuiri Alberta dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif matematika pada siswa pada pokok bahasan matriks. en_US
dc.subject Pendekatan Inkuiri Alberta en_US
dc.subject Kemampuan Berfikir Kreatif en_US
dc.title Penerapan Pendekatan Inkuiri Alberta untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematika Pada Siswa SMA Negeri 01 Binjai Langkat T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account