dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam penelitian adalah Apakah penggunaan model pembelajaran
Generatif efektif dalam meningkatkan kemampuan nalar siswa MTs Al – mushlihin
binjai 2017/2018.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah penggunaan
model pembelajaran Generatif efektif dalam meningkatkan kemampuan nalar siswa
MTs Al – mushlihin binjai T.P 2017/2018.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
VII yang terdiri dari 30 siswa. Yang akan di uji kemampuan nalar siswa yang dilihat
dari hasil belajar. Dengan cara menggunakan model pembelajaran generatif yang
akan dilihat kemampuan masing – masing siswa. Desain penelitian ini dilakukan
dengan memberikan soal berbentuk esay yaitu soal awal dan akhir, tes awal akan
melihat kemampuan awal siswa dan tes akhir kemampuan akhir siswa yaitu
kemampuan nalar. Saat dilakukan tes awal nilai siswa masih terdapat dibawah 60
dengan rata – rata nilai 5,4,7,setelah dilaksanakan siklus pertama diperoleh nilai rata
– rata sebanyak 60,32. Sudah tampak peningkatan diawal siklus tetapi belum
mencapapai KKm yang diinginkan maka dilakukan siklus selanjutnya yaitu siklus
kedua dan diperoleh nilai sebesar 89,21 pada siklus dua ini tampak peningkatan yang
jauh dari siklus sebelumnya, pada siklus ini sudah terlihat bahwa model generatif
efektif untuk meningkatkan nalar siswa yang dilihat dari hasil belajar siswa. Tampak
sebesar 90 % siswa mampu mengerjakan soal dengan baik |
en_US |