dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran dengan model
talking stick efektif dalam pembelajaran matematika siswa pada materi bilangan
pecahan pada siswa kelas VII MTs Negeri 1 Bahorok T.P 2017/2018 ditinjau dari
ketuntasan belajar, aktivitas siswa, kemampauan guru dalam mengelola
pembelajaran, dan respon siswa dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini
untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan model talking stick efektif dalam
pembelajaran matematika siswa pada materi bilangan pecahan pada siswa kelas
VII MTs Negeri 1 Bahorok T.P 2017/2018 ditinjau dari ketuntasan belajar,
aktivitas siswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan respon
siswa dalam pembelajaran. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif
dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 1 Bahorok yang
terdiri dari 6 kelas dan yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VII-1 sebagai
kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian didapat untuk ketuntasan belajar
mencapai 90,33% efektif dalam kategori tuntas, aktivitas belajar siswa mencapai
84,22% efektif dalam kategori sangat aktif, kemampuan guru dalam mengelola
pembelajaran mencapai 86,67% efektif dalam kategori sangat baik, dan respon
siswa mencapai 80,67% efektif dalam kategori sangat tinggi. Maka dapat
disimpulkan bahwa model talking stick efektif dalam pembelajaran matematika
pada siswa kelas VII MTs Negeri 1 Bahorok Tahun Pelajaran 2017/2018 |
en_US |