Research Repository

Penerapan Model Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika Siswa SMP Muhammadiyah 56 Binjai T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Damayanti
dc.date.accessioned 2020-11-11T01:56:27Z
dc.date.available 2020-11-11T01:56:27Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10053
dc.description.abstract Muhammadiyah 56 Binjai T.P. 2017/2018. Tujuan dalam penelitian yang akan dilakukan peneliti adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran creative problem solving dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 56 Binjai T.P. 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 56 Binjai T.P. 2017/2018 yang terdiri dari 36 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran creative problem solving. Teknik pengumpulan data adalah melalui tes dan observasi yang dilakukan pada saat berlangsungnya pembelajaran matematika. Data dan tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa ditulis dalam bentuk tabel dan diagram. Pada tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal diperoleh 11 siswa (30,50%) yang tuntas serta 25 siswa (69,50%) yang tidak tuntas. Pada siklus I meningkat menjadi 19 siswa (52,77%) yang tuntas, pada siklus II meningkat lagi menjadi 25 siswa (66,44%) yang tuntas dan pada siklus III meningkat menjadi 32 siswa (88,88%) yang tuntas. Hasil observasi pengelolaan kelas mengalami peningkatan dari siklus I memperoleh rata-rata 1,75 kategori cukup baik, siklus II memperoleh rata-rata 2,6 kategori baik, dan pada siklus III memperoleh rata-rata sebesar 3,66 kategori sangat baik. Hal ini merupakan bahwa belajar dengan menggunakan model pembelajaran creative problem solving pada siswa SMP Muhammadiyah 56 Binjai T.P. 2017/2018 berhasil ditinjau dari ketuntasan belajar siswa dan aktivitas siswa. Berdasarkan data yang diperoleh maka didapat kesimpulannya yaitu model pembelajaran creative problem solving dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 56 Binjai T.P. 2017/2018. en_US
dc.subject Berpikir Kritis en_US
dc.subject Creative Problem Solving en_US
dc.title Penerapan Model Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika Siswa SMP Muhammadiyah 56 Binjai T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account