dc.description.abstract |
Tujuan dalam penelitian ini yang akan dilakukan peneliti
adalah untuk mengetahui penggunaan metode variatif yang berupa metode
Diskusi dan Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di
kelas XI IPS-B MAS AL-WASHLIYAH 22 TEMBUNG T.P 2017/2018 dan
untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan
menggunakan metode pembelajaran variatif yang berupa metode Diskusi dan
Demonstrasi pada kelas XI IPS-B MAS AL-WASHLIYAH 22 TEMBUNG T.P
2017/2018. Subjek dalam penelitin ini adalah siswa kelas XI IPS-B MAS ALWASHLIYAH
22
TEMBUNG
T.P
2017/2018
yang
terdiri
dari
28
orang
siswa.
Objek
penelitian
ini
adalah
peningkatan
hasil
belajar
matematika
siswa
dengan
menggunakan
metode
pembelajaran
variatif
yang
berupa
metode
Diskusi dan
Demonstrasi dengan pokok bahasan Fungsi Komposisi . Teknik analisis data
dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu untuk mengetahui
kemampuan hasil belajar matematika siswa melalui metode pembelajaran variatif
yang berupa metode Diskusi dan Demonstrasi. Teknik dan alat pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah melalui tes dan lembar observasi yang dilakukan pada
saat berlangsungnya pembelajaran matematika. Data pada tes awal tingkat
ketuntasan belajar siswa ditulis dalam bentuk tabel dan diagram. Pada tes awal
tingkat tingkat ketuntasan belajar secara klasikal diperoleh 5 orang siswa (18%)
yang tuntas serta 23 orang siswa (82%) yang tidak tuntas. Pada siklus I meningkat
menjadi 13 orang siswa (46,4%) yang tuntas, sedangkan 15 orang siswa (53,6%)
belum tuntas, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 25 orang siswa (89,2%)
yang tuntas, sedangkan 3 orang siswa (10,8%) belum mencapai ketuntasan belajar
secara klasikal. Hasil observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan dari tes
awal memperoleh rata-rata sebesar1,73, pada siklus I memperoleh rata-rata 2,2
dan pada siklus II memperoleh rata-rata 2,8 Hasil ketuntasan belajar matematika
dan observasi aktivitas siswa selalu mengalami peningkatan mulai tes awal, siklus
I, siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa belajar matematika menggunakan metode
pembelajaran variatif pada siswa MAS AL-WASHLIYAH 22 TEMBUNG
meningkat ditinjau dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa, dan kemampuan
guru mengelola pembelajaran. |
en_US |