dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa
RPP, Bahan Ajar LKPD, Media, dan Tes berbasis Pemecahan Masalah pada
materi Teorema Phytagoras untuk siswa SMP kelas VIII. Kualitas produk yang
dikembangkan dinilai berdasarkan aspek kevalidan, dan keefektifan.
Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model
pengembangan 4-D, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop
(Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Karena keterbatasan peneliti,
penelitian dilakukan hingga tahap develop. Subjek Penelitian ini adalah siswa
kelas VIII SMP Negeri 2 Sei Suka, Kab. Batu Bara. Instrumen yang digunakan
untuk mengukur kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah
lembar penilaian RPP, Bahan Ajar, LKPD, Media dan Tes untuk mengukur
kevalidan , tes kemampuan pemecahan masalah untuk mengukur keefektifan.
Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan
skor rata-rata RPP yaitu 4,6 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria sangat baik,
skor rata-rata Bahan Ajar yaitu 4,4 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria sangat
baik, skor rata-rata LKPD yaitu 4,6 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria
sangat sangat baik, skor rata-rata Media yaitu 4,3 dari skor maksimal 5,00 dengan
kriteria sangat baik dan Skor rata-rata Tes yaitu 4,6 dari skor maksimal 5,00
dengan kriteria sangat baik. Kualitas keefektifan perangkat pembelajaran
memenuhi kriteria Tuntas berdasarkan skor rata-rata ujicoba tes. Bahwa kriteria
ketuntasan belajar siswa diperoleh bahwa banyaknya sisa yang tuntas belajar yaitu
27 orang dari 31 orang siswa (87,09 %) dari jumlah siswa. Banyak nya siswa yang
tidak tuntas adalah 4 orang dari 31 orang siswa (12,90%) dari jumlah siswa.
Selanjutnya , sesuai dengan kriteria ketuntasan secara klasikal bahwa suatu
pembelajaran dipandang telah tuntas jika terdapat 85% siswa telah tuntas belajar.
Ketuntasn secara klasikal pada hasiil ujicoba sebesar 87,09% , dengan demikian
secara klasikal pada hasil ujicoba sudah memenuhi kriteria pencapaian ketuntasan.
Kata kunci: Perangkat pembelajaran, Pemecahan Masalah, Teorema Phytagoras,
Kevalidan, keefektifan |
en_US |