Research Repository

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Pada Materi Teorema Phytagoras Kelas VIII SMP Negeri 2 Sei Suka T.P 2017 / 2018

Show simple item record

dc.contributor.author Angraini, Desy
dc.date.accessioned 2020-11-11T01:42:27Z
dc.date.available 2020-11-11T01:42:27Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10037
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP, Bahan Ajar LKPD, Media, dan Tes berbasis Pemecahan Masalah pada materi Teorema Phytagoras untuk siswa SMP kelas VIII. Kualitas produk yang dikembangkan dinilai berdasarkan aspek kevalidan, dan keefektifan. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model pengembangan 4-D, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Karena keterbatasan peneliti, penelitian dilakukan hingga tahap develop. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sei Suka, Kab. Batu Bara. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah lembar penilaian RPP, Bahan Ajar, LKPD, Media dan Tes untuk mengukur kevalidan , tes kemampuan pemecahan masalah untuk mengukur keefektifan. Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP yaitu 4,6 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria sangat baik, skor rata-rata Bahan Ajar yaitu 4,4 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria sangat baik, skor rata-rata LKPD yaitu 4,6 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria sangat sangat baik, skor rata-rata Media yaitu 4,3 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria sangat baik dan Skor rata-rata Tes yaitu 4,6 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria sangat baik. Kualitas keefektifan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria Tuntas berdasarkan skor rata-rata ujicoba tes. Bahwa kriteria ketuntasan belajar siswa diperoleh bahwa banyaknya sisa yang tuntas belajar yaitu 27 orang dari 31 orang siswa (87,09 %) dari jumlah siswa. Banyak nya siswa yang tidak tuntas adalah 4 orang dari 31 orang siswa (12,90%) dari jumlah siswa. Selanjutnya , sesuai dengan kriteria ketuntasan secara klasikal bahwa suatu pembelajaran dipandang telah tuntas jika terdapat 85% siswa telah tuntas belajar. Ketuntasn secara klasikal pada hasiil ujicoba sebesar 87,09% , dengan demikian secara klasikal pada hasil ujicoba sudah memenuhi kriteria pencapaian ketuntasan. Kata kunci: Perangkat pembelajaran, Pemecahan Masalah, Teorema Phytagoras, Kevalidan, keefektifan en_US
dc.subject Berbasis Pemecahan Masalah en_US
dc.title Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Pada Materi Teorema Phytagoras Kelas VIII SMP Negeri 2 Sei Suka T.P 2017 / 2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account