Research Repository

Penerapan Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik pada Siswa MTs Negeri 3 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Rahmawati, Dessy
dc.date.accessioned 2020-11-11T01:40:31Z
dc.date.available 2020-11-11T01:40:31Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10035
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Double Loop Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII-I MTs Negeri 3 Medan T.P 2017/2018, pada pokok bahasan aritmatika sosial. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Dalam penelitian ini siswa kelas VII-I MTs Negeri 3 Medan yang berjumlah 40 siswa terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan. Dari hasil penelitian tindakan kelas berhasil diperoleh peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini dibagi atas III siklus. Hasil observasi aktivitas belajar siswa yang signifikan yaitu dari pra siklus ke siklus I terjadi pada indikator memperhatikan dalam pembelajaran , yaitu dari skor 70 ke 86. Peningkatan dari siklus I ke siklus II terjadi pada indikator mampu menyelesaikan soal-soal latihan, yaitu dari skor 84 ke 123. Peningkatan signifikan dari siklus II ke siklus III terjadi pada indikator yang sama yaitu mampu menyelesaikan soal-soal latihan, dari skor 123 ke 145. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa pada pra siklus diperoleh dari 40 siswa tidak ada siswa yang tuntas. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus I diperoleh 19 orang siswa (47,5%) yang mencapai ketuntasan, sementara yang belum tuntas 21 orang siswa (52,5%). Untuk hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus II diperoleh 26 orang siswa (65%) yang mencapai ketuntasan, sementara yang belum tuntas 14 orang siswa (35%). Sedangkan untuk hasil ketuntasan belajar siswa pada siklus III diperoleh 33 orang siswa (82,5%) yang mencapai ketuntasan, sementara yang belum tuntas sebanyak 7 orang siswa (17,5%). Dengan demikian model ini dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran yang efektif untuk mencapai kemampuan pemecahan masalah siswa secara optimal. en_US
dc.subject Double Loop Problem Solving en_US
dc.subject Pemecahan Masalah en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik pada Siswa MTs Negeri 3 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account