dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah dengan diterapkannya
model PACE dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VII-3 SMP Nurul
Hasanah Tembung pada materi aritmatika sosial T.P 2017/20118”. Tujuan
penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar matematika
pada siswa dengan penerapan model PACE pada materi aritmatika sosial siswa
Kelas VII-3 SMP Nurul Hasanah Tembung T.P 2017/2018. (2) Untuk mengetahui
apakah dengan menggunakan model PACE dapat meningkatkan hasil belajar
matematika pada materi aritmatika sosial siswa Kelas VII-3 SMP Nurul Hasanah
Tembung T.P 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
(PTK). Data pada penelitian ini diperoleh melalui tes dan observasi dan yang
menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 SMP Nurul Hasanah
Tembung T.P 2017/2018. Berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki
dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus yaitu siklus I
dan siklus II. Data peningkatan siswa yang diperoleh di lapangan di tulis dalam
bentuk table dan diagram. Hasil belajar siswa pada tes awal diperoleh 6 siswa
(18,18%) yang mencapai ketuntasan, pada siklus I diperoleh 18 siswa (54,54%)
yang mecapai ketuntasan, dan pada siklus II diperoleh 29 siswa (87,88%) yang
mencapai ketuntasan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan model PACE dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa
pada pokok bahasan aritmatika sosial siswa SMP Nurul Hasanah Tembung T.P
2017/2018. |
en_US |