Research Repository

Analisis Keefektifan Belajar Matematika Menggunakan Model Student Facilitator and Explaining pada Siswa SMK Dwi Tunggal 1 Tanjung Morawa T.P 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Anggraini, Devy Wahyu
dc.date.accessioned 2020-11-11T01:28:30Z
dc.date.available 2020-11-11T01:28:30Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10023
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah belajar matematika menggunakan model Student Facilitator and Explaining pada Siswa SMK Dwi Tunggal 1 Tanjung Morawa T.P 2016/2017 efektif ditinjau dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas belajar siswa, kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan respon siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes yang terdiri 10 item soal isian (essay test), observasi aktivitas siswa yang terdiri dari 7 pernyataan, observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran yang terdiri dari 28 indikator penilaian serta angket respon siswa yang terdiri dari 10 pernyataan. Dari hasil penelitian analiasis keefektifan, dalam indikator ketuntasan belajar matematika menunjukkan bahwa, pada pertemuan pertama presentase ketuntasan belajar siswa sebesar 59% dan berada pada kategori tidak tuntas. Presentase aktivitas belajar siswa sebesar 68% dan berada pada kategori cukup aktif. Presentase kemampuan guru mengelola pembelajaran sebesar 76% dan berada pada kategori baik. Dan presentase respon siswa sebesar 74% berada pada kategori cukup positif. Secara keseluruhan didapatkan bahwa belajar matematika cukup efektif pada pertemuan pertama, dengan presentase keefektifan sebesar 69%. Pada pertemuan kedua, terdapat peningkatan dari semua indikator keefektifan pada pertemuan pertama, yaitu presentase ketuntasan belajar siswa sebesar 75%% dan berada pada kategori tuntas. Presentase aktivitas belajar siswa sebesar 74% dan berada pada kategori aktif. Presentase kemampuan guru mengelola pembelajaran sebesar 88% dan berada pada kategori sangat baik. Dan presentase respon siswa sebesar 80% berada pada kategori positif. Berdasarkan rincian hasil penelitian di atas, maka belajar matematika dengan menggunakan model Student Facilitator and Explaining pada Siswa SMK Dwi Tunggal 1 Tanjung Morawa T.P 2016/2017 Efektif ditinjau dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas belajar siswa, kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan respon siswa. en_US
dc.subject Analisis Keefektifan en_US
dc.subject Model Belajar Student Facilitator and Explaining en_US
dc.title Analisis Keefektifan Belajar Matematika Menggunakan Model Student Facilitator and Explaining pada Siswa SMK Dwi Tunggal 1 Tanjung Morawa T.P 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account